Pages

Ujian Make Up

7:53 AM


Sudah lama sekali gak pernah menulis lagi. Sejujurnya sih kangen banget sama kegiatan menulis, namun 3 bulan terakhir ini aku cukup di sibukkan dengan banyak kegiatan kursus dan mengurus berkas di kampus. Setelah selesai kuliah D3, aku memutuskan untuk kursus rias pengantin. Sesuatu hal yang gak pernah aku pelajari sebelumnya. Selama ini sih cuma suka gemes dan beli-beli make up gitu aja. Sampai suatu hari aku berfikir gimana caranya supaya bisa sering beli make up tapi gak cuma sekedar hobi belanja aja tapi apa yang aku beli bisa menghasilkan uang. Akhirnya aku memutuskan untuk kursus make up dan rias pengantin di salah satu lembaga kursus dan pelatihan (LKP) di Malang.

Pas awal-awal kursus yang aku dapatkan adalah materi rambut, yaitu menyasak dan membuat sanggul. Jujur aku kesulitan banget. Aku gak nyangka bakalan nyanggul rambut. Aku kira di awal bakalan dapet materi make up dulu. Tapi berhubung sudah ikut kelas akhirnya dijalani aja deh :D pertama kali nyanggul dan nyasak jujur rasanya aneh dan sulit dan aku gak pernah bisa membuat sasakan yang benar dan sanggul yang baik. Sampe bosen juga karna kursusnya intens banget setiap hari ada kelas mulai senin sampe sabtu jam 9 pagi sampe 1 siang. Bosen, jenuh, patah semangat karna gak bisa-bisa nyasak dan nyanggul yang baik dan benar. Untung aja selama di kelas banyak dapet semangat dari temen-temen sekelas dan temen-temen kuliah juga banyak yang kasih semangat sampe rela aku jadiin model hihihi :D

Setelah menjalankan hari-hari dengan kursus setiap hari selama 2,5 bulan datanglah hari yang ditunggu-tunggu dan sumpah bikin stres sampe tidur gak nyenyak dan nafsu makan membabi buta :’D hari UJIAN KOMPETENSI. Gak pernah nyangka juga sih ujian kompetensi coret-coret wajah orang bisa lebih mengerikan dibandingkan dengan ujian nasional jaman sekolah, ujian masuk perguruan tinggi dan ujian skripsi jaman kuliah. Serius horor banget.

Aku bangun jam 3.50 pagi. Terus langsung mandi, sarapan sedikit dan langsung ke rumah temenku yang jadi modelku buat jemput dia. Kira-kira jam 5.20 aku udah dirumah temenku, langsung cus ke LKP buat pratata rambut. Jam 7 udah di tempat ujian karena menurut info yang diberitahukan, ujian dimulai jam 8 pagi. Tapi kenyataannya ujian baru dimulai jam 10 pagi! Terlambat 2 jam dari jadwal yang sesungguhnya. Kalo dilihat di lokasi kemarin sih semua peserta ujian udah lengkap, cuma tim pengujinya aja yang datangnya telat. Aku dan temen-temen sebel banget disitu. Karena kita udah pada prepare sejak subuh dan jam ujian molor terus.

Begitu ujian dimulai, pertama kita ujian teori dulu kemudian merangkai bunga, make up dan terakhir sanggul. Pas ujian teori aku sengaja sih ngerjainnya cepet aja, soalnya menyadari aku lemot banget kalo bikin sanggul. Durasi ujian teori 60 menit tapi aku ngerjain cuma sekitar 45 menit aja. Habis itu langsung aku kumpul ke penguji dan lanjut merangkai bunga. Bikin bunga tangan juga cuma sebentar, 30 menit sudah cukup. Habis itu langsung deh memulai make up. 1 jam ngerjain make up, langsung lanjut sanggul. Nah pas nyanggul ini aku sempet frustasi karena sasakan ku di bagian rambut depan kayaknya agak salah jadi pas ngebentuk sanggul aku bingung, gak sesuai yang direncanakan. Akhirnya aku bikin sanggul model simple yang semua rambut aku bawa ke belakang, ke puncak kepala, aku jepit dulu terus semprot hairspray yang banyak habis itu dirapiin serat-serat rambutnya. Selesai bagian depan, aku lanjut bikin puncak kepalanya, bagian yang kudu sabar dan telaten. Tapi alhamdulillah lancar. Selesai semuanya langsung bawa model buat pake baju pengantin, aksesoris, mahkota dan segala printilannya. Melelahkan banget.


Walaupun hasilnya belum bener-bener maksimal 100% kayak temen-temen yang udah jago make up, tapi lumayan lah untuk pemula kayak aku. 2,5 bulan kursus dan udah harus bisa dandanin pengantin mulai make up sanggul sampe ngurusin bajunya. Bayangin deh betapa ngebutnya kursus ini. Aku bersyukur banget, apapun hasilnya ini kerja kerasku sendiri. Bener-bener kerja keras sendiri. Jadi harus disyukuri sebagai apresiasi diri.









Produk-produk yang aku gunakan :
Make Over hydrating serum
Elf flawless finish foundation / shade sand
TheBodyShop matte clay skin clarifying foundation / shade tamerza dune
Ultima II delicate translucent powder / shade 022 ligt
Ultima II wonderwear pressed powder / shade 03 neutral
LT Pro perfecting blush / shade 01
City Colour contour palette
Ranee eyeshadow base
Face on Face eyeshadow palette / blooming rose
LT Pro eyeshadow palette / naturally glam
Mineral Botanica eyeliner pencil / black
Fanbo eyebrow pencil / brown
Wardah gel liner / black
My Darling eyeliner / black
Maybelline hyper curl mascara
TheBodyShop lip definer / shade hot date
Maybelline color show lipstick / shade plum-tastic



You Might Also Like

0 comments