Pages

Rahasia Srikaya

1:17 PM


Srikaya atau Annona squamosa adalah buah musiman yang mempunyai rasa sangat manis. Buah ini biasa kita jumpai di daerah beriklim tropis seperti Indonesia, khusunya saat musim panas mulai tiba. Buah srikaya berbentuk bulat dengan kulit bermata banyak seperti buah sirsak dan dagingnya berwarna putih dengan biji berwarna hitam didalam buahnya.
Didalam buah srikaya, banyak sekali kandungan zat yang sangat bermanfaat bagi tubuh, seperti asam amino, gula buah, mucilago, potassium, magnesium, niasin dan tanin. Sedangkan per 100 gram buah srikaya mengandung :
Jumlah Kandungan Karbohidrat Buah Srikaya = 13,9 gram
Jumlah Kandungan Energi Buah Srikaya = 63 kkal
Jumlah Kandungan Protein Buah Srikaya = 1,1 gram
Jumlah Kandungan Vitamin C Buah Srikaya = 28,3 miligram
Jumlah Kandungan Kalsium Buah Srikaya = 127 miligram
Jumlah Kandungan Zat Besi Buah Srikaya = 2,7 miligram
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Buah Srikaya = 0,08 miligram
Jumlah Kandungan Fosfor Buah Srikaya = 30 miligram
Jumlah Kandungan Lemak Buah Srikaya = 0,5 gram

Nah selain banyak-nya kandungan zat-zat baik dalam buah srikaya, ternyata buah ini juga mempunyai banyak manfaat. Berikut macam-macam manfaat buat srikaya :

1. Menurunkan Kolesterol Tinggi
Srikaya yang memiliki cukup banyak kandungan niasin sehingga buah srikaya mampu menurunkan kadar kolesterol bagi penderita kolesterol. Konsumsi rutin buah ini akan membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh manusia.

2. Sangat baik untuk pencernaan
Buah srikaya mengandung serat yang tinggi, kandungan tersebut menjadikan srikaya baik untuk dikonsumsi bagi para penderita konstipasi karena serat tersebut akan mampu mampu memperlancar pencernaan pada manusia.

3. Baik Untuk Penderita Diabetes
Selain untuk memperlancar pencernaan, serat yang terdapat dalam srikaya dapat memperlambat laju penyerapan gula darah dalam tubuh manusia sehingga dapat mencegah kita dari penyakit diabetes.

4. Srikaya sebagai obat diare
Buah srikaya yang masih muda mampu mengobati diare, kandungan berbagai vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah srikaya sangat efektif untuk membantu menyembuhkan diare.

5. Mencegah Asma
Dengan kandungan vitamin C yang dimiliki buah srikaya tentu ini dapat membuat srikaya menjadi pencegah beberapa penyakit, seperti penyakit asma. Hal ini dikarenakan vitamin C merupakan salah satu jenis antioksidan.

6. Menurunkan Hipertensi
Kandungan potassium yang ada pada srikaya akan berperan menurunkan tekanan darah pada tubuh manusia. Konsumsi dengan rutin buah srikaya ini sangat efektif untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

7. Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke
Buah srikaya memiliki kandungan vitamin B sehingga dapat mencegah perkembangan dari homocystein yang mana homocystein dengan jumlah besar dapat menyebabkan stroke dan jantung koroner.

8. Menjaga Kesehatan tulang dan gigi
Buah srikaya juga mengandung magnesium. Sehingga magnesium yang kita dapat dari srikaya mampu membantu dalam menjaga kepadatan tulang.

9. Untuk wanita hamil
Mengkonsumsi buah srikaya secara cukup sangat di sarankan bagi wanita hamil, beberapa kandungan penting pada buah srikaya mampu meningkatkan pertumbuhan otak janin, serta meningkatkan sistem syarat dan kekebatan tubuh si jabang bayi.

10. Kesehatan kulit
Buah srikaya mengandung vitamin A, dan C yang dapat menutrisi kulit agar tetap sehat, selain itu kandungna zat antioksidan di dalamnya mampu menjaga kulit dari bahaya radikal bebas.

11. Menyembuhkan bisul
Buah srikaya bisa menjadi obat alami untuk mempercepat penyembuhan bisul. siapkan buah srikaya matang, tambahkan sedikit garam dan aduk sampai rata, selanjutnya balurkan pada luka bisul, dan ikat dengan kain atau perban. Cara ini akan membuat bisul cepat matang dan kering.

12. Mengobati anemia
Mengkonsumsi buah srikaya bisa menjadi terapi yang efektif untuk mencegah dan mengobati penyakit anemia atau kurang darah, kandungan zat besi yang cukup pada buah ini dapat meningkatkan produksi trombosit dalam tubuh sehingga terhindar dari penyakit anemia dan masalah yang di timbulkannya.


You Might Also Like

0 comments